Minggu, 01 November 2015

ini saya saat ini

manusia itu cenderung egois. termasuk saya. wanita yang sudah punya anak satu, yang lagi sedeng sedeng nya katanya, ditambah lagi hamil. mengurus anak setiap hari adalah makanan sehari hari. cape. bosen. ya harus dinikmati, tapi kadang sabtu minggu pengen ada libur nya. tapi ya namanya ngurus anak mah ngga ada libur nya. alhamdulillah sabtu minggu ada gantian sama suami. itu pun kadang ngga tega, suami udah kerja senin sampai selasa, masa iya sabtu dan minggu mesti ngurus anak juga. yaa tapi yaa namanya manusia ada aja ego nya. apalagi menjelang lahiran nih, perut makin besar, semua terasa berat, anak semakin banyak kepintaran nya, yang terkadang kepintarannya itu membuat saya semakin kewalahan. rasanya pengen apa yah. ngga bisa, ngga bisa diapa-apain. udah begini, kadang nangis dan bete aja. hmm... tuh kan egois lagi kan. seharusnya saya sebagai ibu harus bisa terima kodratnya memang bgitu, harus nrimo dong. ya kan ya kan... kalo nangis dan bete tandanya ngga ikhlas dong. nah lhooo sayang bgt ya amalannya menguap bgitu saja. 
zaman dulu ibu ibu nya tangguh tangguh lho. bayangin aja, blm ada AC, belum ada mesin cuci, mungkin masak juga masih pake kayu bakar. anaknya ada berapa? SEPULUH!!! ada pembantu ngga? helooooo ya ngga ada lah. mereka bisa hidup sampai sekarang, bgitu jg anak-anaknya. sehat makmur sejahtera. hebat ya ibu ibu zaman dlu. salut deh. ibu ibu zaman sekarang terlalu terlena dengan fasilitas, sehingga melemahkan mental dan menurunkan kesabarannya menghadapi anak yang semakin ke sini semakin pintar. kalo dipikir-pikir, anak bisa melakukan hal ini itu kan sesuai dengan apa yang dia lihat. dan kami sebagai orang tua sering nonton atau memberikan tontonan pada anak. mungkin kecepatan visual yang dia lihat di tv memberikan efek pada kinerja syaraf motorik nya. sehingga kami para orang tua jadi kewalahan. mungkin itu penyebab nya. manja banget kesannya ya ibu-ibu sekarang. well, ngga bermaksud menyinggung semua ibu koq. zaman sekarang juga ada koq ibu ibu yang tangguh, punya anak dengan jarak ngga lebih dari setahun, belum lagi kembar anaknya, plus lagi hamil, di negeri orang yang antah berantah, coba BANYANGKAN??!!! Di tengah kondisi zaman yang sekarang udah carut marut nggak jelas, banyak kriminal sana sini. hayooh,,, jadi ibu zaman sekarang jg sebenernya ngga kalah hebat dibanding ibu zaman dulu. hmm,,, fine, mungkin saya aja ibu yang bgini. masih kaya anak kecil, yg mau nya dimanja, ngikutin mood, marah-marah mulu sama anak, udah marah feel guilty, mewek deh... sering menyalahkan kondisi. coba kalau begini, andai aja begitu, saya pasti akan begini, tapi ketika andai andai an itu terkabul, nyatanya NOL. saya tetap saja bgini. ngga dewasa !
mesti berubah, ya pasti. masa mau gini trus. udah mau anak dua woooy! wake up!
manusia mahluk egois yang berusaha keras untuk menjadi manusia sosial. berusaha memikirkan perasaan orang lain, padahal diri kita ngga bahagia. berusaha membahagiakan diri sendiri, tapi menjadi cibiran atau umpatan orang lain. yahh serbaaaaa salahhhh...
kadang pengen hidup sendiri aja, tapi mana mungkin. kita pasti membutuhkan orang lain. semua apa yang dilakukan mesti untuk mencapai ridho Allah. salah benar nya tindakan orang sudah diatur di dalam Al Quran dan Hadist. simple sebenernya menjalani hidup ini kalau udah tau pedomannya. kembali lagi, apa yang bikin manusia akhirya terjerembab dalam kesalahan adalah, keegoisan diri (menurut saya). 
simple nya : setiap anak di dunia ini hanya satu yang terpikirkan : MAIN ! simple banget, anak tuh cuma mau main aja. tapiiiiiiiiiiiii ketika anak mau main, kita nya mau nya diem, istirahat karna orang dewasa punya level cape yang tinggi, sedangkan anak level cape nya rendah, jadiiii lah sebuah masalah. 
Masalah adalah ketika apa yang kita inginkan tidak sesuai dengan apa yang terjadi (kenyataan). 
Kita mau nya istirahat, mau nya diem barang beberapa menit aja, atau pengennya browsing apa keq, hiburan gitu ya, me time lah ceritanya. tapi si anak maunya main, bisa aja sih kita biarin aja anak bermain sendiri, tapi kan kalau mainnya di tempat yang berbahaya butuh pengawasan extra, gimana... masa kita biarin, giliran udah jatuh kan kita juga yang deg deg an. soo,, ngga jadi lah kita istirahat. demi anak. pengorbanan. belum lagi keliatan sama orang tua atau mertua gimana, ngebiarin anak main sendirian, berbahaya. Oh ya, kadang kita juga suka keceplosan kalo lagi ngurus anak, trus si anak melakukan hal yang berbahaya, langsung refleks marah, kesel dengan nada tinggi. sebenernya itu enak ngga sih diliat sama mertua atau orang tua.. ni ibu ngga ada sabar sabarnya amat, baru anaknya bgitu doang udah dimarahin. haiyaaahhh,,, mikirin perasaan dan pikiran orang lain lagi, yang belum tentu mereka berpikiran sama dengan apa yang kita pikirkan. suudzon ! but, yah namanya bgitu melintas aja. terkadang bener juga kata orang, ada dua keluarga dalam satu rumah itu kurang sehat. ada yang terlihat ada juga yang tidak terlihat atau tidak memperlihatkan ketidaksehatannya. its ok, kuncinya sabar dan ikhlas. karna belum tentu juga ketika kita sekeluarga membina keluarga di rumah sendiri lantas akan seperti bersama orang tua, yang apa apa sudah ada. yang tidak perlu membangun semua dari awal. yang tidak usah perih perih dulu. hehehe,, tergantung sih kita mau perih apa ngga. kalau kita mau mah yaa jedotin aja. eh maksudnya jalanin aja. Allah belum ngasih kita kepercayaan rumah sendiri mungkin karena mental nya masih tempe! saya terutama sebagai ibu yang harusnya multitasking dan anti cape (anti badai keleus), tapi pada kenyataannya belom bisa. on progress, hahaha pembelaan. satu lagi, weekend is not the end! semenjak berhenti bekerja, saya bingung sabtu minggu mau dipake apa. kemana. ngapain. karna sama aja rasanya, bedanya di rumah lebih banyak orang aja. jadi kadang saya kurang luwes, bingung dan serba salah. terbiasa di keluarga saya dengan personil yang sedikit, sepi dan tidak ramai, jadi ketika ramai malah jadi kikuk sendiri. adaptasi lah ya. gimana bikin pikiran ini rilex, enjoy gitu menikmati semua yang ada. syukur sih jawabannya. so easy so simple. so hard to practice. hahaha.. buat saya.. buat kalian, pasti ngga lah. insyaallah. tapi saya juga akan berusaha sekuat tenaga selama Allah masih memberikan saya kesempatan hidup di dunia ini. 
oke well,,, sampai jumpa semoga ngga ada lagi curhatan kaya gini lagi. semoga saya segera berubah menjadi lebih bersyukur, bersabar dan berikhlas. aamiin..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar